-->

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik benar lengkap dan juga menarik dan melamar pekerjaan


Melamar Pekerjaan

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik, benar, lengkap dan juga menarik dan melamar pekerjaan - Sudah pasti setelah kalian lulus dari SMA / SMK yang ada di pikiran kalian adalah mencari sebuah pekerjaan yang cocok untuk diri anda, dan kalaupun anda memilih untuk melanjutkan ke Perguruan tinggi, pastinya anda memikirkan tentang biaya yang akan dikeluarkan untuk mendaftar masuk ke perguruan tinggi tersebut. sebelum nya jika anda menginginkan untuk bekerja sudah pasti anda di haruskan untuk membuat sebuah surat lamaran kerja atau CV, di artikel yang satu ini saya akan memberikan cara membuat surat lamaran yang baik dan menarik dan juga ada cara untuk melamar pekerjaan tersebut lhoo,,,  mau tau bagaimana cara membuatnya silahkan di simak di artikel yang saya buat untuk anda,, pengunjung Mas Wahyu Blog

Pekerjaan adalah satu hal yang sangat fundamental bagi setiap orang karena pastinya sebagai manusia kita sangat membutuhkan biaya atau uang. Karena jika kita tak mempunyai uang atau biaya sama sekali untuk menghidupi diri, kita bisa mati karena tak mampu untuk membeli berbagai kebutuhan hidup, seperti makanan, minuman, pakaian, dan kebutuhan pelengkap seperti TV, sepatu, tas, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan uang demi membiayai hidup, kita harus bekerja, entah itu kerja di bawah naungan sebuah perusahaan atau dengan membuka usaha milik sendiri atau disebut juga pengusaha. Kebanyakan orang saat ini lebih memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan ketimbang membuka lapangan pekerjaan, karena kurang mempunyai kemauan, tidak mau mengambil resiko, atau bisa juga dikarenakan tidak memiliki keahlian khusus.

Contoh surat lamaran yang disampaikan Skipnesia.com Insya Allah memiliki format yang baik. Berbicara mengenai pekerjaan, memiki pekerjaan dengan gaji tetap tiap bulannya merupakan salah satu keinginan banyak orang Indonesia, karena memang saat ini bisa dikatakan mencari pekerjaan merupakan hal yang sulit, karena selain saingan yang sangat banyak, kita juga dituntut untuk memiliki pengalaman bekerja ataupun skill diatas rata-rata, jadi bukan hanya CV yang bagus saja. Padahal peluang usaha di negara kita cukup banyak, namun lebih banyak yang memilih untuk menjadi seorang pegawai ketimbang pengusaha, salah satu alasannya ialah menjadi pegawai memiliki penghasilan yang tetap tiap bulannya, jadi lebih aman ketimbang pengusaha yang lebih banyak resikonya. Namun apapun pekerjaannya, selama itu halal alangkah baiknya kita tetap bersyukur dan tidak merendahkan pekerjaan atau profesi orang lain.

Pandangan masyarakat kita saat ini mengenai pekerjaan seakan latah mengatakan bahwa kerja adalah mendapat gaji, kerja yang bagus adalah bekerja dengan mendapatkan gaji yang tinggi. Padahal hal itu tidak sepenuhnya tepat, apakah benar jika pengusaha kaya raya itu mendapat gaji? Tentunya tidak, karena ia mendapatkan uang hasil bekerja diatas kaki sendiri, bukan bekerja yang diatur oleh atasan atau bos. Berbicara mengenai pekerjaan di perusahaan, sebelumnya harus adalah langkah-langkah yang kita jalani, salah satunya ialah proses melamar kerja. Dalam sebuah proses lamaran kerja tersebut, biasanya perusahaan yang kita minati akan menyeleksi para calon pekerja dengan mewajibkan membawa atau mengirimkan surat lamaran kerja via email.

Di berbagai situs website, koran, atau TV sudah banyak bertebaran lowongan kerja yang bisa Anda lamar sesuai skill atau kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai passion di bidang pemrograman, tentunya Anda bisa melamar kerja menjadi programer di salah satu perusahaan IT. Kembali ke surat lamaran kerja, dalam tata cara membuat surat lamaran dibutuhkan kemampuan menulis yang baik dari Anda, serta kreativitas tentunya. Satu hal yang berpengaruh diterima atau tidaknya Anda bekerja di instansi terkait adalah surat lamaran yang Anda kirimkan, pastinya perusahaan akan menilai mulai dari aspek penulisan, kerapihan, formatnya, dan kreativitasnya.


Jika Anda berhasil membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian pimpinan perusahaan, setidaknya hal itu sudah menjadi nilai yang positif dan memperbesar peluang Anda untuk diterima meskipun secara pengalaman, diri Anda masih minim. Karena perusahaan bukan hanya menilai skill saja, sikap yang disiplin, rajin, dan penuh tanggun jawab menjadi penilaian juga. Bahkan ada perusahaan yang menerima pelamar yang spesifikasi skill nya biasa saja, dan minim pengalaman, tetapi karena dirinya mempunyai semangat kerja yang tinggi, dirinya berhasil diterima di perusahaan tersebut.

Contoh 

Hal : Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk/Ibu Personalia  
PT. Lentera Jaya Bagus
Jl. Panglima Cahaya Utama No. 30
Bogor

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Lentera Jaya Bagus yang saya dapatkan dari harian Radar Bogor pada tanggal 10 September 2015. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan PT. Lentera Jaya Bagus.

Berikut ini adalah biodata singkat saya
Nama                         : Ayaka Misazaki
Tempat / tgl. lahir      : Tokyo, 14 Juni 1994
Pendidikan Terakhir  : S1 Manajemen Informatika
Alamat                       : Jl. Nakazawo Cifor No. 16, Bogor
Telepon (HP)             : 0856*********

Dan pada saat ini saya dalam keadaan yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris saya sangat fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dalam bekerja, dan latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan beberapa software komputer dengan baik, seperti Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data, antara lain :
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Ijazah S1
  • Foto Copy Transkrip Nilai
  • Foto copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
  • Foto 3x4 yang terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya informasikan, terima kasih atas kerjasama dan perhatian Bapak/Ibu Personalia.


Hormat Saya,

 Ayaka Misazaki

Contoh

Bandung, 15 Januari 2016
Kepada Yth.
HRD Manager PT. Moge Laksana Maju
Jl. Kintamani Luhur No. 8, Bandung

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Pikiran Rakyat, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerjaa di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                              : Wahyu Rusdiansyah
Tempat/Tanggal Lahir    : Bandung, 10 Mei 1990
Jenis Kelamin                 : Laki-Laki
Pendidikan                      : SMA Negeri 1 Tempuran Karawang.
Alamat                            : Jl. Pasundan Raya No. 7 RT/RW 001/003
Telepon                           : 0815********

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
  • Foto Ukuran 3x4
  • Foto copy KTP Karawang.
  • Daftar Riwayat Hidup.
  • Foto copy Ijazah Terakhir.
  • Foto copy SKHUN.
  • Foto copy Sertifikat Competensi.
  • Foto copy Sertifikat PKL.
  • Foto copy Surat Keterangan Refrensi.
Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya,

Wahyu Rusdiansyah

Contoh CV (Curiculum Vitae)


DATA PRIBADI

§  Nama : Joko Susilo
§  Tempat, Tanggal Lahir : Magetan, 10 Oktober 1992
§  Alamat : Jl. Kawedan Ngadirejo No. 24, Magetan
§  Alamat Email : Joko(at)gmail.com
§  Telepon : 089987412222
§  Jenis Kelamin : Laki-Laki
§  Agama : Islam
§  Status : Belum menikah
§  Tinggi / Berat badan : 172 cm / 60 kg
§  Kesehatan : Baik Sekali
§  Kewarganegaraan : Indonesia

DATA PENDIDIKAN

§  SD : SD Negeri 01 Magetan, 1994 – 2001
§  SLTP : SLTP Negeri 01 Magetan, 2000 – 2005
§  SMA : SMA Negeri 01 Magetan, 2003 – 2007
§  Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Yogyakarta, 2006-2012
§  Fakultas / Jurusan : Ekonomi / Manajemen S1
§  Konsentrasi : Manajemen

PRESTASI

§  2008 : Pemenang Lomba Debat Tingkat Nasional
§  2009 : Juara 1 Agribusiness Blog Competition Tingkat Nasional

PENGALAMAN ORGANISASI

§  2009 – 2010 : Ketua BEM Fakultas Ekonomi UNY
§  2008 – 2009 : Kepala Bidang SDM BEM Fakultas Ekonomi UNY

PENGALAMAN KERJA

§  2013 – 2014 : Marketing di PT. Makmur Abadai

KEMAMPUAN

§  Presentasi dan Komunikasi
§  Aplikasi dan Program Komputer (Microsoft Office)
§  Aplikasi Website, dan Blog
§  Menulis
§  Public Speaking,
§  Team work
§  Leadership

HOBBY

§  Internet (Browsing, Blogging and Web developing)
§  Mendengarkan Musik (instrument, musik klasik, pop dan Nasid)
§  Membaca (Buku Motivasi dan Agama)
§  Olahraga (Badminton)

Agar anda bisa diperhitungkan di tempat Anda melamar pekerjaan,tentunya anda harus melakukan persiapan agar bisa memberikan sesuatu nilai lebih. Bukan hanya resume maupun cv yang mengagumkan, melainkan juga harus bisa memberikan penekanan yang positif diwaktu anda melakukan wawancara kerja. Nah, untuk itulah berikut ini cara melamar kerja yang baik dengan menyampaikan pesan tersirat yang bisa anda tunjukan ketika melamar ke sebuah perusahaan.

4 ( Empat ) Tips dan trik untuk anda yang ingin melamar pekerjaan

Pertama, Untuk menunjukkan bahwa anda ialah sebagai karyawan terbaik.  Pastikan bahwa lamaran anda ditargetkan untuk posisi yang spesifik. pergunakan kata-kata yang sekiranya tepat untuk posisi yang dilamar. Buat kata-kata seakurat mungkin yang mendeskripsikan pengalaman, kemampuan serta kualifikasi anda. Sebagian besar perusahaan saat ini lebih menyukai menggunakan program peranti lunak yang memindai kata-kata spesifik untuk kata-kata yang tepat dan spesifik yang berhubungan dengan posisi tertentu. Jadi, meskipun anda dianggap cocok untuk menempati posisi tertentu, tapi perlu diingat bila tidak menggunakan terminologi yang dicari, maka lamaran pekerjaan anda mungkin tak akan dilihat bahkan tidak dibaca sama sekali.
Kedua, Tunjukan bahwa anda seorang profesional. Ketika anda hendak melamar kerja, semestinya mengikuti proses aplikasi secara serius semisal, bacalah kembali materi surat lamaran anda terutama untuk menditeksi kesalahan ketik atau kesalahan penulisan. Tidak ada salahnya bila anda meminta bantuan saudara atau teman untuk membaca ulang surat lamaran dan CV Anda, dan berhati-hatilah dengan penggunaan bahasa serta hindari penggunaan kata-kata informal, atau bahasa asing bila hal tersebut tak terlalu penting.
Ketiga, Pastikan kalau lamaran anda tapat sasaran. Kepastian dan pertimbangan waktu menjadi hal positif dalam Cara Melamar Kerja.  Departemen HRD selalu dibanjiri lamaran pekerjaan dari sana-sini. Bisa jadi lamaran pekerjaan anda hanya dilihat sekilas. Untuk menghadapi masalah tersebut, sebaiknya anda mencoba ambil inisiatif. Anda juga bisa mencoba untuk menghubungi si manager personalia perihal lamaran anda. Namun, jangan lakukan hal ini jika di media yang mengiklankan lowongan tersebut tercantum bahwa anda tak diperbolehkan menghubungi mereka.
Keempat, Tunjukan kerahlian yang anda miliki. Perusahaan dimana pun pastinya akan lebih senang jika mereka bisa mempekerjakan seseorang yang memiliki keahlian tinggi. anda bisa juga mencantumkan berbagai keahlian dan sertifikat yang anda miliki, dan berkaitan dengan pekerjaan yang anda incar tadi. Jangan lupa, jika anda juga tergabung dengan asosiasi atau organisasi tertentu, cantumkanlah. 

nah itulah artikel dari saya tentang Cara membuat surat lamaran kerja yang baik, benar, lengkap dan juga menarik dan melamar pekerjaan, semoga bisa membantu anda dalam melamar pekerjaan, dikarenakan perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk tahun 2016 ini sangatlah ketat dibandingkan dengan tahun - tahun yang sudah berlalu 

16 Responses to "Cara membuat surat lamaran kerja yang baik benar lengkap dan juga menarik dan melamar pekerjaan"

admin said...

makasih sob, artikelnya bermanfaat banget buat saya yang baru coba ngelamar kerjaan :)

Moo said...

iya mba :) kerja nya yang bener ya kalau sudah diterima

Girl's Discoveries said...

Bisa Jadi patokan nih buat bantu kakak aku yg lagi nyari kerja.

Moo said...

iya mba,, :) saingan nya banyak untuk tahun ini kalau cari kerja,,

Unknown said...

Mantab gan, Ijin Simpan buat besok saat mau lamar kerja

Unknown said...

kualitas surat lamaran sangat menentukan pelaman akan di panggilnya untuk interview...

by dedi mekanikmitsubishi

Unknown said...

Wah mantap nih , izin share buat temen ane ya gan

Belajar Blog said...

Komplit, terstruktur dan tips tambahan yang sangat mengena.
Terimakasih atas tips nya mas.
Tapi saya bermaksud untuk kuliah dulu.

Unknown said...

bisa di jadikan patokan nih buat ane yang lagi nyari kerja

Unknown said...

mantap gan, ijin borkmark dulu

Moo said...

iya mas semoga keterima daftar kerja nya

Moo said...

iya mas interview yang banyuak di takutkan oleh para pelamar kerja

Moo said...

silahkan gan di share :)

Moo said...

iya gan,, syukujrlah artikel yang saya bagikan bisa bermanfaat buat anda yang sedang mencari kerja

Moo said...

iya mas saya juga berniat untuk kuliah tetapi artikel ini saya posting untuk memudahkan teman-teman semua yang berniat untuk mencari sebuah pekerjaan

Moo said...

silahkan di bookmark gan untuk updatean selanjutnya agar bisa cepat anda terima

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel