-->

apakah kamu tahu kecerdasan yang dimiliki manusia selain IQ dan bagaimanakah cara mengukur tingkat Intelegent Question ?

apakah kamu tahu kecerdasan yang dimiliki manusia selain IQ ? - Selamat sore semuanya...
pada postingan kali ini saya akan membahas tentang kecerdasan yang dimiliki manusia selain IQ, dan juga saya disini akan memaparkan tingkatan atau klasifikasi kecerdasan manusia.

Kecerdasan yang dimiliki manusia selain IQ


Berikut Kecerdasan yang dimiliki oleh Manusia selain IQ !

  • Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik atau kecerdasan berbahasa. Seseorang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk mengelola kata-kata, baik dalam bentuk lisan atau tulisan serta mampu mengartikan tulisan dengan jelas. Hal yang sering menjadi kegemarannya adalah membaca, mengisi TTS, bermain scrabel.
untuk kecerdasan linguistik sendiri ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan linguistik adalah penyiar, jurnalis atau pengacara.
  •  Kecerdasan Matematis dan Logika

Yaitu kecerdasan untuk mengolah angka dan logika. Orang yang memiliki kecerdasan matematis mampu membuat hipotesa dengan baik, membuat klasifikasi, dan menganalisa sebab akibat. Kemampuan ini membuat seseorang mampu berpikir secara logika dan rasional.
untuk kecerdasan matematis dan logika ada beberapa pekerjaan yang cocok adalah sebagai akuntan, programmer atau ilmuwan.
  • Kecerdasan Interpersonal

Seseorang yang memiliki kecerdasan interpersonal akan mudah untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, temperamen, motivasi dan watak orang lain. Hasilnya, mereka dapat menghadapi orang lain dengan perhatian yang baik dan mendorong orang lain untuk menceritakan masalahnya.
Berikut ialah beberapa pekerjaan yang cocok antara lain psikolog, negosiator dan guru. 
  • Kecerdasan Intrapersonal

Adalah kecerdasan untuk mengenal dan memahami diri sendiri. Biasanya orang dengan kecerdasan intrapersonal suka bekerja sendiri, cuek, dapat mengintropeksi diri sendiri, dan mampu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
inilah beberapa Pekerjaan yang cocok untuk kalian yang mempunyai kecerdasan intrapersonal ialah \ sebagai penasihat, konselor atau teolog.

  • Kecerdasan Musikal

Kecerdasan musikal membuat seseorang mudah untuk menikmati, mengembangkan dan mengekspresikan musik dan suara. Biasanya seseorang yang memiliki kecerdasan musikal suka bersiul, mampu menghafal nada dengan cepat dan suka bekerja sambil bernyanyi. berikut
Beberapa pekerjaan yang cocok adalah sebagai penyanyi, pemain alat musik atau pencipta lagu.

  • Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan untuk menikmati dan memahami alam, memanfaatkan alam secara produktif serta dapat menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengelola alam dengan baik. Ciri seseorang dengan keceradasan naturalis adalah mampu memahami tingkah binatang, menicintai lingkungan dan suka melakukan aktivitas outdoor di alam.
Berikut Beberapa pekerjaan yang sesuai untuk seseorang dengan kecerdasan ini adalah sebagai petani, nelayan, pemburu atau pendaki gunung. 
  • Kecerdasan Kinetik

Orang yang memiliki kecerdasan kinetik mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan dengan baik melalui gerak. Ciri seseorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang menggunakan fisik. Berikut Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan kinetik misalnya atlet, penngrajin, dan penjahit.

  • Kecerdasan Visual

Kecerdasan visual di mana seseorang memiliki kepekaan terhadap visual, bentuk, warna, garis, dan ruang. Kecerdaan ini membuat seseorang mampu membuat idenya menjadi bentuk sketsa yang jelas.
Berikut Pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kecerdasan ini adalah insinyur, arsitek, fotografer atau pilot.

berikut beberapa kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang mungkin kalian tidak mengetahuinya secara sadar ?? hehe pastinya begitu ya,, mungkin kalian ada yang mencoba untuk mengikuti tes IQ itu sendiri,, dan mungkin kalian akan bertanya :

Apakah saya tergolong cerdas atau tidak dan bagaimanakah Cara untuk mengukur tingkat kecerdasan ?


nah untuk yang satu ini jika kalian sudah mengikuti Tes IQ itu sendiri jangan kaget dengan klasifikasi atau tingkatan kecerdasan yang akan saya paparkan di bawah ini.

Bagaimana caranya mengetahui tingkat IQ (Intellegent Quotient) seseorang ? Umumnya dilakukan melalui psikotest yang memiliki banyak metode atau cara. Namun, para ahli berbeda pendapat dalam menentukan ukuran soal tingkatan IQ manusia. Berikut ini klasifikasi tingkatan IQ manusia menurut pendapat beberapa ahli:

Dikarenakan perbedaan ini, maka selain nilai IQ yang didapat, harus diperhatikan pula metode test apa yang digunakan.
Untuk klasifikasi umum, saat kita tidak mengetahui metode apa yang digunakan. Bisa menggunakan klasifikasi dibawah ini (hasil kompromi ketiga metode diatas).

Dengan rata-rata IQ manusia normal adalah di kisaran angka 91-110, berikut ini adalah orang-orang yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata, mungkin sebagian dari mereka sudah kamu kenal sebelumnya:

  1. Leonardo da Vinci Universal Genius,asal Italy, IQ 220
  2. Johann Wolfgang von Goethe — Germany : 210
  3. Kim Ung-Yong, ilmuwan fisika, Korea Selatan : 210
  4. Gottfried Wilhelm von Leibniz — Germany: 205
  5. Blaise Pascal Mathematician & religious philosopher France: 195
  6. Garry Kasparov, pecatur Russia: 190
  7. Sir Isaac Newton Scientist England: 190
  8. Galileo Galilei Physicist & astronomer & philosopher Italy: 185
  9. Buonarroti Michelangelo Artist, poet & architect Italy: 180
  10. Johannes Kepler Mathematician, physicist & astronomer Germany: 175
  11. Albert Einstein Physicist USA: 160

Di atas adalah list beberapa orang jenius yang IQ nya melebihi albert einstein tetapi itu hanya segelintir orang saja, masih banyak orang jenius di dunia ini,, bukan hanya 100 bahkan milyaran orang di dunia ini yang menjadi kandidat orang jenius hehe,,, saya termasuk tidak ya hehe.. di bawah sini saya akan menjelaskan tingkatan IQ secara umum silahkan kalian simak saja ya.

Penjelasan tingkatan IQ secara umum:


  • Idiot IQ (0-29)

Idiot merupakan kelompok individu terbelakang paling rendah. Tidak dapat berbicara atau hanya mengucapkan beberapa kata saja. Biasanya tidak dapat mengurus dirinya sendiri seperti mandi, berpakaian, makan dan sebagainya, dia harus diurus oleh orang lain. Anak idiot tinggal ditempat tidur seumur hidupnya. Rata-rata perkembangan intelegensinya sama dengan anak normal 2 tahun. Sering kali umurnya tidak panjang, sebab selain intelegensinya rendah, juga badannya kurang tahan terhadap penyakit.

  • Imbecile IQ (30-40)

Kelompok Anak imbecile setingkat lebih tinggi dari pada anak idiot. Ia dapat belajar berbahasa, dapat mengurus dirinya sendiri dengan pengawasan yang teliti. Pada imbecile dapat diberikan latihan-latihan ringan, tetapi dalam kehidupannya selalu bergantung kepada orang lain, tidak dapat mandiri. Kecerdasannya sama dengan anak normal berumur 3 sampai 7 tahun.Anak-anak imbecile tidak dapat dididik di sekolah biasa.

  • Moron atau Debil IQ / Mentally retarted (50-69)

Kelompok ini sampai tingkat tertentu masih dapat belajar membaca, menulis, dan membuat perhitungan sederhana, dapat diberikan pekerjaan rutin tertentu yang tidak memerlukan perencanaan dan dan pemecahan. Banyak anak-anak debil ini mendapat pendidikan di sekolah-sekolah luar biasa.

  • Kelompok bodoh IQ dull/ bordeline (70-79)

Kelompok ini berada diatas kelompok terbelakang dan dibawah kelompok normal (sebagai batas). Secara bersusah payah dengan beberapa hambatan, individu tersebut dapat melaksanakan sekolah lanjutan pertama tetapi sukar sekali untuk dapat menyelesaikan kelas-kelas terakhir di SLTP

  • Normal rendah (below avarage), IQ 80-89

Kelompok ini termasuk kelompok normal,rata-rata atau sedang tapi pada tingakat terbawah, mereka agak lambat dalam belajarnya, mereka dapat menyelesaikan sekolah menengah tingkat pertama tapi agak kesulitan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas pada jenjang SLTA.

  • Normal sedang, IQ 90-109

Kelompok ini merupkan kelompok normal atau rata-rata, mereka merupkan kelompok terbesar presentasenya dalam populasi penduduk.

  • Normal tinggi (above average) IQ 110-119

Kelompok ini merupakan kelompok individu yang normal tetapi berada pada tingkat yang tinggi.

  • Cerdas (superior) ,IQ 120-129

Kelompok ini sangat berhasil dalam pekerjaan sekolah/akademik. Mereka seringkali terdapat pada kelas biasa. Pimpinan kelas biasanya berasal dari kelompok ini.

  • Sangat cerdas (very superior/ gifted) IQ 130-139

Anak-anak very superior lebih cakap dalam membaca, mempunyai pengetahuan yang sangat baik tentang bilangan, perbendaharaan kata yang luas, dan cepat memahami pengertian yang abstrak. Pada umumnya, faktor kesehatan, ketangkasan, dan kekuatan lebih menonjol dibandingkan anak normal.

  • Genius IQ 140>

Kelompok ini kemampuannya sangat luar biasa. Mereka pada umumnya mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan menemukan sesuatu yang baru meskipun dia tidak bersekolah. Kelompok ini berada pada seluruh ras dan bangsa, dalam semua tingkat ekonomi baik laki-laki maupun perempuan. Contoh orang-orang genius ini adalah Edison dan Einstein.

 nah mungkin pembahasan tentang IQ itu sendiri saya cukupkan sampai disini saja dan semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari IQ IQ an lah,, tapi mohon maaf saya hanya bisa memberikan nya hanya beberapa penjelasan dan tidak cukup lengkap penjelasan nya jadi saya harap agar kalian masih tetap mengunjungi blog saya yang kecil ini dan juga kalau kalian merasa postingan ini tidak lengkap kalian bisa mencarinya di www.google.co.id,

Salam Mas Wahyu Team. 

12 Responses to "apakah kamu tahu kecerdasan yang dimiliki manusia selain IQ dan bagaimanakah cara mengukur tingkat Intelegent Question ?"

Ave'da said...

nice info nih

bertinpunk.blogspot.com

Moo said...

iya.

RADEN NUR said...

wah ternyata seorang seniman seperti Leonardo Da vinci IQnya lebih tinggi daripada Fisikawan terkemuka dunia Albert Einstein

Nurkholis said...

Yg ane tau cuma kecerdasan matematis dan Logika gan. Maklum ane programmer heheheh

Unknown said...

ane berharap bisa menguasai kecerdasan linguistik dan matematis

Unknown said...

habibi ngga ada gan ? saya baca baca katanya habibi IQ nya 200 an

Ervan said...

keren keren

Moo said...

ya begitulah :) menurut info yang saya dapatkan gan,, jadi tunggu apalagi ayo coba tes IQ ente gan :) apakah Low IQ ato High IQ seperti Albert einstein :D

Moo said...

hehe saya juga berkeinginan menjadi programer gan,, tapi IQ saya hanya 120 :(

Moo said...

kecerdasan tidak datang sendiir lhoo :) alangkahbaiknya disertai dengan usaha

Moo said...

menurut data yang di dapat tidak ada habibi gan

Moo said...

iya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel