-->

sebenarnya apa sih bedanya visitor dengan pageview ?

Selamat siang menjelang sore para pengunjung mas wahyu blog, semenjak awal saya aktif di grup blogger indonesia, banyak yang bilang visitor saya segini, visitor saya segitu pas di tanya dilihat di mana ? 
jawaban nya dilihat dari statistik Blogger.com sebenarnya kalau dilihat menggunakan statistik yang berada di blogger, itu hanyalah Pageviews bukan visitor, 
Sebenarnya apa sih perbedaan dari visitor dengan pageview itu sendiri ?? 

Di dunia blogging kita akan banyak sekali mengenal istilah-istilah blog, beberapa diantaranya yang cukup sering anda temukan dikalangan para blogger adalah page view (jumlah penayangan) dan visitor (pengunjung). untuk beberapa blogger pemula definisi dua istilah tersebut sayangnya terkadang tertukar, salah mengartikan bahkan ada juga yang mungkin menanggapnya sama padahal istilah pageview dan visitor artinya jauh berbeda.
Untuk anda yang menggunakan platform blogger bisa melihat jumlah Pageview dari menu ikhtisar seperti gambar pageview website ( Mas Wahyu Blog ) di bawah.
Ikhtisar Mas Wahyu Blog

selain dari menu ikhtisar anda juga dapat melihat seberapa banyak pageview pada website anda di menu statistik seperti gambar statistik website saya di bawah ini.
statistik pageview Mas Wahyu Blog
Bisa dilihat dari kedua gambar di atas, kalau dari menu ikhtisar saya rasa kurang lengkap melihat pageview nya sedangkan dari menu statistik > ikhtisar akan terdapat penayangan hari ini ( pageview pada hari ini ) penayangan kemarin ( pageview kemarin ) dan penayangan bulan lalu dan juga penayangan sepanjang waktu ( pageview dari mulai anda membuat website / blog sampai saat ini )
Dari menu statistik bukan hanya ada pageview tetapi ada juga Sumber lalu lintas ( sumber dimana artikel / website anda di kunjungi ) dan ada juga POS ialah artikel / postingan anda.
Namun sayangnya untuk informasi jumlah visitor atau pengunjung blog anda, dashboard blogspot sendiri tidak menyajikan informasinya, sehingga kita akan sulit mengeahuinya jika hanya mengandalkan laporan dari dashboard blogspot saja.

Lalu apa perbedaan dari Pageview dan Visitor ?

Untuk blogger berpengalaman kedua istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga mereka dan mereka sudah dapat membedakan dengan benar, namun untuk blogger pemula saya yakin kedua istilah tersebut bisa membuat anda kebingungan.

Page view atau penayangan adalah jumlah halaman artikel blog anda yang dibuka, atau dilihat oleh pengunjung blog anda, sedangkan visitor atau pengunjung blog adalah jumlah orang yang masuk mengunjungi blog anda, baik itu datang dari mesin pencari seperti google ketika mereka melakukan pencarian, dari sosial media seperti facebook melalui link yang anda share atau yang anda bagikan di facebook atau twiter.

Page view pada umumnya bisa lebih banyak atau sama dengan visitor, misal jika setiap visitor yang mengunjungi blog anda membuka beberapa artikel blog anda, maka dapat dipastikan pageview akan lebih banyak dari pada visitor, sedangkan jika setiap visitor yang masuk mengunjungi blog anda misalkan hanya membuka 1 artikel saja maka kemungkinan pageview akan sama dengan visitor.
Kesimpulannya, Pageview kemungkinan akan lebih besar dan lebih banyak atau sama dengan visitor dan pageview tidak mungkin lebih kecil dari visitor.

Bagaimana cara melihat visitor blog?

Cara melihat pageview ternyata memang sangat mudah, dengan hanya menggunakan informasi yang terdapat pada dashboard blogspot saya kira itu sudah memberikan informasi lebih dari cukup, lantas bagaimanakah cara melihat visitor blog?

Untuk melihat dan mengamati prilaku dan jumlah visitor atau pengunjung blog terutama untuk blog berflatform blogspot kita harus menggunakan tools pihak ke 3 yang khusus dapat mengelola informasi visitor, beberapa diantaranya adalah google analitic atau histats. dengan tools tersebut kita bisa mengetahui jumlah pengunjung setiap periode, bahkan dilengkapi grafik dan informasi lainnya yang sangat berguna untuk analisa blog.

bisa dilihat yang saya tandai dengan kotak merah di gambar di bawah, itulah visitor website Mas Wahyu Blog pada hari ini,
bukan hanya dari Histats saya juga menggunakan Google Analitycs untuk memantau visitor yang mengunjungi website saya ini bisa dilihat dari gambar dibawah.


Untuk menggunakan tool tersebut biasanya anda harus melakukan registrasi pada layanan visitor counter tersebut, dan anda akan mendapatkan kode widget khusus yang harus di letakan pada template blog anda, sehingga setiap visitor atau pengunjung yang mengunjungi blog anda akan terekam secara otomatis.

Apakah anda sudah mengerti bagaimana cara membedakan Visitor dengan Pageview ? pastinya sudah, karena sangatlah berbeda seperti kata saya di atas, Visitor dan Pageview akan lebih banyak Pageviews, selamat mencoba Google analitycs atau Histatsnya, dan semoga visitor yang mendatangi website anda stabil.



0 Response to "sebenarnya apa sih bedanya visitor dengan pageview ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel